25 August 2015

Tips Mulai Bisnis Online Dengan Modal Kecil, Tanpa Website, Tanpa Produk

Photo: Brian Kerrigan*

Tahukah anda bahwa semua orang bisa mulai bisnis online dengan modal minim, tanpa tahu cara bikin website, tanpa punya produk sendiri? 

Dalam tulisan ini saya ingin berbagi tips jitu untuk anda yang ingin memulai usaha bisnis di internet. Masalah utama setiap pebisnis pemula adalah cepat menyerah ketika ada penghalang. Nah, ada 3 penghalang utama untuk kebanyakan orang yang ingin memulai bisnis online, yaitu:

  1. Tidak punya modal yang cukup
  2. Tidak tahu cara bikin website, atau tidak punya website
  3. Tidak punya produk untuk dijual
Alasan pertama memang berlaku bukan cuma untuk bisnis online saja, tapi semua jenis bisnis.  Hampir semua orang mengeluh soal tidak punya modal untuk memulai usaha.  Baca terus tulisan ini dan saya akan membagi rahasia memulai bisnis online anda dengan modal seadanya.

Alasan kedua, tidak tahu cara bikin website atau tidak punya modal untuk bikin website.  Bagaimana mungkin bisnis online tanpa website?  Jangan khawatir, saya akan tunjukan caranya bagaimana berbisnis di internet tanpa harus bikin website sendiri.

Alasan ketiga, tidak punya produk untuk dijual.  Ini juga alasan klasik yang dipakai pebisnis online tingkat pemula untuk menyerah di langkah pertama.  Apa yang harus saya jual?  Modal saja tidak punya.  Mau jual barang orang kan harus pake uang juga?  Berbisnis tanpa punya produk untuk dijual, apa bisa? 

Jawabannya BISA.  Bahkan SANGAT BISA.  
Bahkan bukan cuma satu cara, tapi ada banyak cara untuk memulai bisnis dengan modal minim, tanpa website, dan tanpa produk di internet.  Pada kesempatan ini saya hanya akan membahas salah satu cara saja yang saya rasa paling mudah untuk pebisnis pemula.  

Pernahkah anda mendengar kata Dropship?  Mungkin pernah, mungkin juga belum pernah.  Bagi anda yang baru kali ini mendengar istilah ini, dropship adalah suatu model bisnis di internet dimana anda sebagai penjual/pebisnis tidak perlu memiliki produk tetapi hanya menawarkan sebuah produk kepada calon pembeli.  Ketika pembeli setuju untuk membeli, maka anda tinggal memesan pada vendor (pemilik produk), produk yang diminta akan dikemas oleh vendor dengan memakai nama anda sebagai pengirim.  Pembeli membayar kepada anda sesuai harga yang anda tetapkan.  Anda membayar kepada vendor sesuai harga yang ditetapkan vendor, selisihnya adalah margin keuntungan anda.

Ketika membaca penjelasan ini, kepala anda mungkin langsung pusing dengan berbagai pertanyaan untuk mencari alasan supaya tidak usah berbisnis (karena kedengarannya rumit banget).  Jangan khawatir, model dropship ini sudah berkembang sedemikian baik, bahkan di Indonesia saat ini sudah ada startup yang sukses dengan model bisnis ini.  Pada kesempatan ini saya akan membahas satu startup yang memakai model bisnis dropship di Indonesia yaitu Cakning (Cakning.com).

Untuk memulai bisnis online dengan metode dropship, anda hanya perlu mendaftar menjadi anggota di Cakning.com.  Biaya pendaftarannya 100 ribu rupiah.  Hanya itulah modal uang yang anda perlukan untuk mulai bisnis ini.  Sesudah terdaftar sebagai anggota, anda bisa login ke website Cakning.com dan masuk ke area member.  Disitu anda akan menemukan banyak tutorial bermutu tentang bagaimana cara menjalankan bisnis anda.  Di member area juga anda bisa melihat ribuan produk dari puluhan vendor yang bisa anda jual tanpa harus dibeli dulu. 

Bukan cuma itu, setelah anda terdaftar sebagai anggota, anda akan dibuatkan sebuah website replika yang isi produknya sama dengan website induk di Cakning.com.  Website replika anda akan berisi data kontak diri anda dengan nomor telpon, pin BBM dan lain-lain yang diperlukan untuk dikontak oleh calon pembeli.

Sekarang, tinggal tergantung keputusan anda sendiri.  Semua masalah utama pebisnis pemula sudah terselesaikan dengan sistem dropship dari Cakning ini.

Masalah apa yang sudah teratasi?
  1. Modal, hanya perlu 100 ribu.  Jika anda memulai bisnis lain, misalnya membeli Franchise atau membuka warung, bayangkan berapa juta rupiah yang harus anda siapkan.  Bahkan bisnis jual pulsa (yang untungnya sangat tipis), memerlukan beberapa ratus ribu sebagai deposit.  Dengan 100 ribu, anda langsung mendapat akses ke ribuan produk siap dipasarkan, tanpa harus membelinya dulu.
  2. Website, sudah dibuatkan website replika secara otomatis setelah selesai registrasi. Penampilan website ini sangat profesional, lengkap dengan informasi diri anda sebagai pemilik bisnis yang bonafid.  Anda tidak butuh pengetahuan khusus tentang cara membuat website yang bikin pusing.
  3. Produk:  tersedia ribuan produk siap jual.  Anda bisa memilih produk yang paling nyaman untuk anda pasarkan secara pribadi.  Atau anda dapat mempromosikan website replika anda kepada para kenalan atau jaringan sosial anda di facebook dan sebagainya, dan biarkan mereka memilih langsung dari website anda.  Kemungkinannya banyak sekali.  Pendapatan yang akan anda dapatkan dari sini sepenuhnya tergantung pada kemauan anda untuk mempromosikan website anda ke jaringan anda.  Potensi pendapatannya tergantung imajinasi dan kreativitas anda.
Nah, tunggu apa lagi.  Bisnis Cakning ini sudah berjalan bertahun-tahun dan dipercaya puluhan vendor, selanjutnya tinggal kemauan anda saja.  Anda mau atau tidak untuk mengambil inisiatif di dunia yang penuh kesempatan ini.  Semua orang semakin akrab dengan belanja Online.  Jika anda tidak memulai sekarang, anda akan ketinggalan kereta.

Anda bisa melakukan registrasi sebagai anggota Cakning.com dengan mengklik disini: Cakning.com

Jangan buang waktu, semakin cepat anda mulai, semakin banyak pengalaman yang akan anda dapatkan.  Jadilah pebisnis online mulai hari ini.   Keterangan lebih lengkap silahkan lihat di Cakning.com.

(Photo credits :https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Woman_using_computer.jpg), modified with inset photo by Roderick Eime (source: https://www.flickr.com/photos/rodeime/15627238721)
Custom Search