06 May 2009

Sambutan Terhadap Android Netbook Gegap Gempita


Terjawab sudah teka-teki, benarkah akan ada Android netbook. Sebuah perusahaan Cina saat ini akan segera merilis netbook berbasis Android yang menggunakan prosesor Arm.

Memang telah diketahui sejak beberapa waktu yang lalu bahwa sistem operasi Android bisa dipasang di Netbook. Ini diungkapkan oleh dua orang hacker yang berhasil menginstal Android ke netbook mereka dengan relatif mudah. Dari mereka ketahuan bahwa Android memang secara diam-diam telah dirancang Google untuk bisa diinstall ke Netbook, karena didalam kode sumber Android ada dua modus: modus phone dan netbook.

Saat ini kita bisa menemukan dua buah buku programming Android di Amazon dengan harga 20-an dollar. Sebuah website juga telah siap menjual netbook Android.

Para pemakai Windows mungkin harus bersabar, karena basis prosesor Arm membuat Netbook Android ini tidak bisa diisi dengan Windows edisi desktop. Mungkin mereka bisa menghack Windows Mobile (yang memang sudah jalan di smart phone selama ini) tetapi dengan banyak banyak keterbatasan. Ini sangat berbeda dengan Android yang memang sudah merupakan full-featured computer.

Kabar yang lebih menyenangkan lagi: Android Netbook akan dilepas dengan harga dibawah $250. Dengan banyaknya kompetisi, harga mungkin akan turun di bawah $200. Wow, jauh lebih murah daripada sebuah smart phone.

Kabar yang lebih-lebih-lebih menyenangkan lagi: Android Netbook akan berukuran lebih kecil daripada Asus Eee PC, sehingga sangat ringan dan mudah diisi ke tas. Jadi ini merupakan sebuah missing link yang menghubungkan form factor sebuah smart phone dan sebuah netbook.
Custom Search