07 September 2010

Nokia N900 Ultimate Gadget untuk Pecinta Linux

Sudah beberapa bulan saya menikmati keasyikan memakai Noka N900. Untuk saya inilah ultimate gadget untuk saat ini. Bukan karena N900 tidak ada kelemahan, bukan karena banyak aplikasinya, tapi lebih karena ini adalah sebuah gadget berbasis Linux seutuhnya tanpa emulasi di atasnya (seperti Android).

Beberapa keunggulan N900:
* Hardware dengan spec high end untuk saat ini
* Multitasking (anda pasti puas dengan N900, kalau fitur ini yang dicari)
* Mendukung semua teknologi komunikasi terbaru
* Social networking terintegrasi
* Flash support
* GPS built-in
* Video call (dengan Skype)
* Bisa jadi Mobile hotspot
* FM transmitter built-in (dan tentu juga receiver)
* Mudah dioverclock
* Root access mudah


Tetapi untuk anda yang sudah tertarik ingin segera beli, jangan terburu-buru, pertimbangkan dulu hal-hal berikut:
* OpenOffice.org full version installable tapi pelan dan rada sulit dipakai karena layar kecil (sebenarnya ini sebuah nilai plus. Mana ada OpenOffice full version di iPhone atau Android?)
* Begitu juga GIMP yang setara Photoshop, jalan tapi pelan dan layar kekecilan (ini juga sebenarnya masih unggul dari Hp lain, mana ada photo editor berkemampuan selangit yang bisa jalan di Android dan iPhone?)
* Aplikasi tak sebanyak Android dan iPhone (tapi yang hanya sedikit pun belum tentu selesai anda coba semua)
* Nokia segera akan beralih ke OS Meego dan Linux Maemo di N900 tidak akan dikembangkan lebih lanjut walau masih terus disupport.
* Battere cepat tersedot terutama kalau mengaktifkan banyak fitur (3G, wifi, bluetooth, FM transmitter)

Walaupun demikian saya tetap akan memberi rekomendasi anda untuk membeli Gadget ini kalau:
* Anda pecinta Linux dan ingin mengganti Netbook anda dengan gadget yang lebih mudah dibawa tapi fully functional seperti sebuah netbook.
* Anda yang suka dengan kegiatan hacking, overclocking, programming (langsung di gadget, tidak via emulator), eksperimen koneksi hardware-software, N900 paling cocok karena serba hackable by default.
* Anda IT administrator yang memerlukan command line interface/shell dan ingin meremote server via VPN, dan ingin akses darimana saja.

Update: Kabar Gembira - Kini tersedia Abiword untuk word processor dan Gnumeric untuk spreadsheet. Keduanya adalah versi yang sudah diport sepenuhnya untuk N900. Asyiknya keduanya adalah aplikasi Office full version (bukan versi mini dari yang ada di PC), dengan kata lain apapun yang anda edit di Desktop formatnya tidak akan hilang jika diedit disini. Ini berbeda dengan kelakuan aplikasi office untuk mobile phone seperti Quick Office yang seadanya bahkan merombak format jika dikembalikan ke desktop. Untuk anda yang memerlukan gadget pengganti netbook yang lebih praktis dibawa-bawa, sekarang saya tidak ragu lagi merekomendasikan Nokia N900 untuk anda.
Custom Search